27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri

27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah anda tetap terjaga? Paling gampang kamu sudah memakai alarm system (kalau tak, segera lakukan), dan mungkin anda mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan kuat. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Buatlah pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak aman, anda perlu merenovasinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk teman ngerti kalau pintu teman tidak kuat? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu ngga berjendela, dan teman tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah target menggunakan pintu yang tidak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia jika teman tak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu teman pergi berlibur – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu memiliki kunci deadbolt didukung menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan benar. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu diperkuat
 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan ketika anda berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dirusak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara langsung ketika kamu tidak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Trik apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah di atas.

Memperkokoh Pintu Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (sisi tempat anda memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang bisa menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, tetapi jika punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri

Rubah srike plate yang sudah renta. Strike plate adalah batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Perkuat engsel yang ngga terlindungi. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga bisa dilepas (teman dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tidak nampak juga kudu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dimasuki, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya butuh perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dijaga dengan benar akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci anda dalam pengawasan. Kalau anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka harus mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman ngga dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kamu telah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 27Cara Untuk Membuat Pintu Anti Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel