Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri

Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar anda telah memasang alarm system (jika ngga, kamu dapat memikirkannya lagi), dan mungkin kamu memiliki hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Poling membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang bisa digunakanApakah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Pilih pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang teman lemah, kamu perlu menggantinya kalau ditinggal libur panjang. Bagaimana Trik untuk teman ngerti kalau pintu teman rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target memakai pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman ngga menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun teman pergi keluar – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan tepat. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib dirombak
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika anda ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan menolongmu secara instan ketika kamu tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara terkeren mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Trik apapun yang teman gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Akses Masuk Anda

Terapkan pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Perkuat engsel yang tidak aman. Engsel harus ada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu bisa mengerjakannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan mempunyai mutu tinggi, terpampang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi gunakan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya butuh perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah teman. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci anda sendiri. Jika teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka kudu memiliki jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tak bisa bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel