8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Pencurian saat liburan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemudik. Namun trik terbaik apa untuk membuat rumah teman tetap safe? Kemungkinan besar anda sudah memakai alarm system (jika tak, segera lakukan), atau mungkin kamu memiliki hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Ambil pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda tidak kuat, teman kudu menggantinya jika ditinggal long weekend. Seperti apa Trik untuk teman tahu kalau pintu teman lemah? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar kudu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata kokoh). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu harus tak berjendela, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melewati pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia jika anda ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi berlibur – walau kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan kokoh. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu kudu diganti
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan ketika teman ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tidak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara langsung saat teman tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu agar ngga dapat terbuka. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Pintu Masuk Anda

Pasang pengaman silinder pada samping kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun jika punya kamu belum ada, kamu dapat membelinya.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Kalau punya anda tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (teman bisa menemuinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih gampang membobol rumah kamu. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci kamu dalam pengawasan. Jika kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan teman tidak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah mencoba untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga berfaedah. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel