16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Namun cara terbaik mana untuk menjadikan rumah kamu tetap aman? Paling gampang teman sudah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang bisa digunakanSudahkah Kamu Mempunyai Pintu yang Kuat?
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Ambil pintu yang aman. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak keras, kamu kudu memperkuat saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Trik untuk teman tahu bahwa pintu teman tidak kuat? Cukup mengetuknya saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata kuat). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menyerap pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tidak berjendela, dan teman tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga bisa dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membobol rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia jika kamu tidak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi berlibur – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt harus mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib diganti
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat anda ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan mudah pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan menolongmu secara langsung saat teman tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu supaya ngga bisa terbuka. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Pintu Masuk Anda

Pakai pengaman silinder di sekitar kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, teman bisa membelinya.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang menggunakan baut pendek.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel harus ada di bagian dalam pintu. Kalau milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak bisa dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (teman dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tak nampak juga perlu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah kamu layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perhatian setiap saat, dan pintu yang tidak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci teman tersendiri. Jika teman harus meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah anda layaknya kastil. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan teman tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah mencoba untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 16 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel