10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat libur panjang selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Tetapi trik terbaik apa untuk menjadikan rumah kamu tetap aman? Kemungkinan besar kamu sudah memakai alarm system (jika tak, anda bisa mempertimbangkannya lagi), dan mungkin kamu memiliki hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik menunjukkan bahwa banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang anda tidak kuat, teman harus memperbaikinya secepatnya. Bagaimana Caranya kamu ngerti kalau pintu teman perlu direnovasi? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kokoh). Kalau tak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tidak berkaca, dan teman tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dengan mudah.

Kalau teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah target memakai pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna kalau kamu tak memakainya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun teman pergi keluar – walau teman cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang bisa dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan kuat. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu diganti
 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat anda ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara langsung saat teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tak bisa dibuka paksa. Cara apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkokoh Jalan Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder yang ada pada samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Pencuri terkadang dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya kamu belum ada, kamu bisa membelinya.
 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga aman. Engsel wajib ada di bagian dalam pintu. Jika punya teman tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (teman dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga wajib diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi gunakan langkah yang sama pada pintu diantara garasi kamu dan rumah kamu seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perhatian kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci teman tersendiri. Kalau kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 10 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel