Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt Pencurian ketika liburan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Namun trik terbaik apa untuk membuat rumah anda tetap terjaga? Paling simpel kamu telah memasang alarm system (jika ngga, segera lakukan), dan mungkin kamu memiliki anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah salah satu tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Ambil pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang anda tidak keras, kamu kudu menggantinya ketika mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk anda ngerti kalau pintu teman wajib diganti? Cukup diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kokoh). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tidak berjendela, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan gampang.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membobol rumah korban menggunakan pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika kamu tak menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi keluar – walau teman hanya pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tidak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan kokoh. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu diganti
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dirusak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara langsung ketika anda tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Cara apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Akses Masuk Kamu

Terapkan pengaman dari silinder yang ada pada samping kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci anda) Pencuri seringkali dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, tetapi jika punya teman belum ada, teman bisa membelinya.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Ganti srike plate yang telah keropos. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel perlu ada di bagian dalam pintu. Kalau milik kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Anda bisa melakukannya dengan langkah melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (anda bisa membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga harus diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dimasuki, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah anda. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Simpan kunci teman dalam pengawasan. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya kastil. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, tetapi mereka kudu mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang kalau anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu telah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel