Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Perampokan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Namun cara terbaik apa untuk membuat rumah sobat tetap terlindungi? Paling mudah kamu telah memakai alarm system (kalau tidak, segera lakukan), dan mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah teman juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan keras. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Ambil pintu yang keras. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, kamu perlu merenovasinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya kamu tahu bahwa pintu teman tidak keras? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kokoh). Kalau tak, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa masuk melalui jendela dan membongkar pintu dengan gampang.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika kamu tak menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun teman pergi keluar – walau kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang bisa dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan benar. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut kudu diganti
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika anda berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tidak bisa dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara instan ketika teman tak berada di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar ngga bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) pada bagian bawah pintu agar ngga bisa dibuka paksa. Cara apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Jalan Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder di samping kunci silinder (bagian tempat kamu memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, teman bisa membelinya.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Perkuat engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu berada pada bagian dalam pintu. Kalau punya kamu tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Anda dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman kuat dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perhatian setiap saat, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Simpan kunci kamu sendiri. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka perlu memiliki jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tidak bisa menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel