Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri

Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri Pencurian saat liburan selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Namun cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Paling simpel kamu sudah memakai alarm system (kalau tak, kamu dapat mempertimbangkannya lagi), dan mungkin anda mempunyai hewan penjaga menjaga rumah kamu juga. Poling menunjukkan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Buatlah pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang anda mudah dibobol, kamu perlu memperbaikinya secepatnya. Seperti apa Caranya kamu ngerti kalau pintu kamu rentan? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar perlu kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menyerap pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu kudu ngga berkaca, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membobol rumah korban menggunakan pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika anda ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun teman pergi keluar – bahkan jika teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terpasang dengan benar. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu dibuang
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak bisa dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara langsung saat anda ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak dapat terbuka. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder yang ada pada samping kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci teman) Pencuri seringnya dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri

Perkuat srike plate yang sudah keropos. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Amankan engsel yang ngga aman. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Jika milik kamu tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Kamu bisa mengerjakannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (kamu dapat mendapatkannya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga perlu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan mempunyai kualitas tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah teman. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci kamu tersendiri. Jika teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu memiliki jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat anda ngga dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel