Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun trik paling gampang seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap aman? Paling gampang anda telah memakai alarm system (jika ngga, segera lakukan), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga menjaga rumah kamu juga. Poling membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu tetap terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Ambil pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, anda wajib memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya anda tahu kalau pintu kamu tidak keras? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar perlu kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian dalamnya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata keras). Kalau tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu perlu tidak berjendela, dan anda ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dengan mudah.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian ketika liburan, pencuri membobol rumah korban melewati pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau teman tak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu teman pergi hangout – bahkan jika anda cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan tepat. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut kudu diperkuat
 Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara langsung saat teman ngga di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar tidak pindah posisi. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) pada bagian bawah pintu agar tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah di atas.

Memperkuat Pintu Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder pada samping kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringkali dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, namun jika punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Rubah srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Amankan engsel yang tak terlindungi. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika punya anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga bisa dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga wajib diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan berkualitas tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah teman seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya membutuhkan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak dijaga dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah membobol rumah kamu. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau anda perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu layaknya benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih dapat menjadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kita sudah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Tips Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga berfaedah. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel