Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Perampokan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Namun cara paling mudah seperti apa untuk membuat rumah teman tetap safe? Kemungkinan besar teman sudah memakai alarm system (kalau tidak, lakukan segera), dan mungkin teman memiliki hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Buatlah pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak aman, teman perlu memperbaikinya secepatnya. Seperti apa Caranya teman ngerti kalau pintu teman lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi didukung bagian intinya, dan memiliki sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata kokoh). Jika ngga, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tidak berkaca, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela dan membuka pintu dengan gampang.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target melintasi pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi hangout – walau kamu hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang bisa dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan benar. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu wajib direnovasi
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini ngga dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung saat kamu tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya ngga bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Cara apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan di atas.

Memperkokoh Pintu Masuk Kamu

Gunakan pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang bisa merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun jika punya kamu belum ada, kamu bisa membelinya.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang sudah renta. Strike plate adalah batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkuat engsel yang tak aman. Engsel perlu berada di bagian dalam pintu. Kalau milik anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak bisa dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (kamu dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga perlu diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibuka, jadi pakailah langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perhatian kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman layaknya kastil. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka harus memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat anda ngga dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kita telah mencoba untuk menutup kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel