Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi trik paling mudah seperti apa untuk membuat rumah teman tetap terlindungi? Kemungkinan besar anda sudah memakai alarm system (jika tak, segera lakukan), atau mungkin teman memiliki anjing penjaga menjaga rumah kamu juga. Statistik menunjukkan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pilih pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang teman gampang dibobol, anda wajib menggantinya ketika mendekati waktu liburan. Seperti apa Trik untuk anda tahu bahwa pintu anda wajib diganti? Cukup mengetuknya saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian as-nya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata keras). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menyerap benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berkaca, dan kamu ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dengan gampang.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target melewati pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau anda ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi hangout – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus diganti
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika anda ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara instan ketika kamu ngga di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga bisa dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan di atas.

Memperketat Pintu Masuk Anda

Terapkan pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Rubah srike plate yang telah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib memiliki pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang dengan baut pendek.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Amankan engsel yang tak terlindungi. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Jika punya teman tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Anda bisa melakukannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (teman dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan mempunyai mutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah kamu layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya membutuhkan perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dirawat dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci teman sendiri. Kalau teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka perlu memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga kamu, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita telah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel