Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling

Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk membuat rumah teman tetap safe? Paling gampang teman sudah memakai alarm system (jika tidak, segera lakukan), atau mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Survei membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Pilih pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda tidak aman, anda wajib menggantinya secepatnya. Bagaimana Caranya anda ngerti bahwa pintu anda perlu diganti? Cukup diketuk saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kokoh). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menyerap benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri dapat merusak jendela kemudian membuka pintu dengan gampang.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban memakai pintu yang ngga terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika kamu tidak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi keluar – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt harus memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan benar. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu wajib direnovasi
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat anda berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa dirusak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara instan saat kamu ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak pindah posisi. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Cara apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian tempat kamu memasukkan kunci teman) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak mudah dicopot. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari pemakaian pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi jika punya kamu belum ada, anda bisa membelinya.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling

Rubah srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Jika punya anda ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan memiliki kualitas tinggi, dilengkapi kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi gunakan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya membutuhkan perhatian setiap saat, dan pintu yang ngga dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci teman tersendiri. Kalau kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka perlu memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih bisa menjadi korban pada suatu ketika, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu ngga dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel