Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya Pencurian saat berlibur selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Namun cara terbaik mana untuk membuat rumah teman tetap safe? Paling gampang teman telah memakai alarm system (kalau ngga, lakukan segera), dan mungkin anda memiliki hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Berikut ini merupakan salah satu tips yang bisa digunakanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pilih pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang anda lemah, teman harus merenovasinya secepatnya. Bagaimana Caranya anda tahu bahwa pintu anda lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian as-nya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kokoh). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan alat pencurian.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tidak berkaca, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dengan mudah.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga bisa dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melewati pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna jika kamu ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan benar. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu dirombak
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara langsung saat teman ngga di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya agar tidak bergeser. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Langkah apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Anda

Terapkan pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ganti srike plate yang telah keropos. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Perkuat engsel yang ngga aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Jika milik anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak bisa dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (anda dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga kudu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan memiliki mutu tinggi, dilengkapi kunci yang keras, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah anda seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perhatian setiap waktu, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Kalau kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka perlu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, anda masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu tak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu gampang kalau teman tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel