Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok Pencurian saat berlibur selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk membuat rumah teman tetap terjaga? Kemungkinan besar kamu sudah menggunakan alarm system (kalau tidak, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Poling menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu harusnya terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pilih pintu yang keras. Kalau pintu depan dan belakang anda lemah, kamu wajib merenovasinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya teman tahu bahwa pintu kamu tidak keras? Cukup diketuk saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata kuat). Jika tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu menggunakan kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menahan pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu tak berkaca, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela dan membongkar pintu dengan mudah.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri memasuki rumah korban memakai pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi sia-sia jika kamu tak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan benar. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib diperkuat
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan menolongmu secara instan saat teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga bisa terbuka. Langkah apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan di atas.

Memperkeras Akses Masuk Kamu

Pakai pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (sisi tempat kamu memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya anda belum ada, teman bisa membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Amankan engsel yang tidak terlindungi. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Kalau milik teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak bisa dicopot. Anda dapat melakukannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (anda bisa menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga harus diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya memerlukan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tidak dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah kamu. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Simpan kunci anda tersendiri. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel