Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk menjadikan rumah anda tetap safe? Paling simpel teman sudah memasang alarm system (jika tidak, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanApakah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Tentukan pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu lemah, teman perlu memperkuat kalau ditinggal libur panjang. Bagaimana Caranya anda ngerti kalau pintu anda lemah? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi didukung bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menyerap pukulan palu dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu tidak berjendela, dan teman tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia jika teman tidak menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt harus memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang bisa dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan kokoh. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu dibuang
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat teman ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dibuka tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan membantumu secara instan ketika kamu tak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu agar ngga bisa terbuka. Cara apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan di atas.

Memperketat Pintu Masuk Anda

Pasang pengaman dari silinder yang ada di sekitar kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi jika punya anda belum ada, anda bisa membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Perkuat engsel yang tidak aman. Engsel harus ada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak bisa dicopot (anda bisa menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga wajib diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu keras dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah anda layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya butuh perawatan setiap waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu sendiri. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah teman seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga teman, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda ngga bisa bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel