Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok Perampokan selalu menjadi suatu yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun trik terbaik mana untuk menjadikan rumah kamu tetap aman? Kemungkinan besar anda telah memakai alarm system (kalau tak, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pilih pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak kokoh, kamu wajib merenovasinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya kamu tahu bahwa pintu teman lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (beton bata keras). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu dan kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menyerap pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berjendela, dan anda tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga pencuri dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika anda ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi keluar – bahkan jika teman cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt harus mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan tepat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu perlu dibuang
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tak dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara langsung saat teman tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tidak pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) di bagian bawah pintu agar ngga dapat dibuka paksa. Trik apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Pintu Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder di sekitar kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang bisa merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga mudah dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib memiliki pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga bisa dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga wajib diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan mempunyai mutu tinggi, dilengkapi kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya butuh perhatian kapanpun, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Simpan kunci teman dalam pengawasan. Kalau anda perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya benteng. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih bisa jadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tak dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kita telah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel