Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling

Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling Pencurian saat liburan selalu jadi suatu yang menakutkan bagi pemilik rumah. Namun trik terbaik mana untuk membuat rumah sobat tetap safe? Paling gampang anda telah menggunakan alarm system (jika tak, lakukan segera), atau mungkin teman memiliki hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling
Pilih pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang kamu lemah, kamu perlu merenovasinya secepatnya. Bagaimana Trik untuk teman tahu kalau pintu kamu rentan? Cukup diketuk saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar wajib kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (beton bata keras). Jika tak, pencuri bisa membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perbaiki semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu wajib tak berkaca, dan kamu tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat bisa merusak jendela dan membongkar pintu dengan mudah.

Jika anda memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak bisa dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melewati pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna kalau teman tak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – bahkan jika anda cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang bisa dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan kuat. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu dibuang
 Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat anda berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara instan ketika anda ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Cara apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah sebelumnya.

Memperkeras Pintu Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder pada samping kunci silinder (bagian tempat kamu memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, kamu bisa membelinya.
 Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling
Perkuat engsel yang tak terlindungi. Engsel kudu berada di bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (kamu dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga wajib diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mencapai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perawatan setiap waktu, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Simpan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, taruh di kotak kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih dapat jadi korban pada suatu ketika, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan teman tak dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah mencoba untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Trik untuk Membuat Pintu Kamu Anti Maling, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel