Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling

Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling Pencurian ketika berlibur selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Namun cara paling mudah seperti apa untuk membuat rumah kamu tetap aman? Kemungkinan besar kamu telah memakai alarm system (jika ngga, lakukan segera), dan mungkin kamu memiliki hewan penjaga menjaga rumah kamu juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Ambil pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak aman, anda kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya kamu ngerti kalau pintu teman tidak kuat? Bisa dengan diketuk saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kuat). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu dan kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menyerap pukulan palu dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan kamu ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah korban melintasi pintu yang ngga terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu tak memakainya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi berlibur – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung menggunakan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus terinstal dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu kudu direnovasi
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara langsung ketika teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Cara terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Akses Masuk Kamu

Terapkan pengaman silinder di sekitar kunci silinder (sisi tempat anda memasukkan kunci teman) Pencuri seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling

Ganti srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Amankan engsel yang tidak aman. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (teman dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga wajib diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras bisa dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi gunakan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah teman seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah anda. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu tersendiri. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka wajib memiliki jalur lain seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan kamu tidak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Mau Tahu Cara Membuat Pintu Anti Maling, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel