Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern


Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern - Desain Rumah Minimalis tak pernah absen menjadi model yang tidak pernah membosankan. Model membangun rumah menggunakan model desain yang minimalis modern sudah ramai dibicarakan di internet. Bisa dibilang ketinggalan zaman kalau diucapkan baru kenal sekarang, karena model hunian akan selalu berkembang tanpa batas. Model dan kreativitas dalam membuat desain rumah telah meningkat pesat, terlebih untuk menghadapi perkembangan masa seperti misalnya tanah yang semakin mahal dan sulit dijangkau. Tren inilah yang kemudian juga meluas ke wilayah pedesaan dengan konsep bangunan minimalis, namun enak dilihat dan juga menarik banyak orang. Terlebih pemborong seringnya melirik desain tersebut.



Menjadi Pekerjaan rumah yang besar supaya model rumah minimalis modern pada lokasi yang tidak luas ini mempunyai ruangan yang mencukupi. Sebagai contoh kebutuhan akan ruangan untuk tidur. Sebuah keluarga yang mempunyai dua anak remaja yang mulai dewasa maka tentu akan memerlukan 2 ruangan tidur sendiri. Terlebih kalau memiliki jumlah anak dan memiliki jenis kelamin yang tidak sama maka telah seharusnya tempat tidurnya kudu dipisah.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Akibatnya, jika banyak kamar tidur maka denah rumah yang memiliki banyak ruangan tidurlah yang anda butuhkan bukan? Imbasnya ruangan yang lain akan terasa sesak.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Untuk pasangan baru 2 kamar tidur untuk satu rumah bukanlah masalah. Karena anak masih bisa ditaruh atau ditempatkan pada satu kamar. Tetapi akan mulai harus dipikirkan saat anak telah mulai dewasa dan diperlukan kamar pribadi sendiri. Apalagi keadaan tidak terduga misalnya datangnya tamu dan berencana rehat semalam maka memiliki 3 ruangan untuk tidur menjadi pilihan yang tepat untuk hunian.

Membuat tiga kamar tidur tidaklah berarti kamu harus mempersempit tempat tamu atau dapur yang sangat sempit. Anda hanya membutuhkan perencanaan yang pas agar ruangan bisa ditata dengan apik. Berikut ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini membawa nuansa yang lembut.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat anda gunakan bila kamu ingin membangun rumah bersusun nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar kembar.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
14. Rooftop di atas rumah.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
15. Denah rumah modern minimalis memakai lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Desain Tata Ruang Rumah Minimalis Modern
Ingatlah Ini Saat Merancang Denah Rumah Minimalis Modern

Jika anda belum meyakinkan pilihan yang pas untuk rumah minimalis tadi. Tak ada salahnya ingatlah hal di bawah ini. Karena penentuan desain yang anda pilih akan menceritakan karakter yang menjadi cerminan diri kamu.

1. Gaya rumah
Pemilihan gaya rumah menjadi patokan, karena seluruh hal diawali dari cetak biru kamu. Tukang hanyalah mengerjakan ide yang kamu ciptakan mengikuti dengan petunjuk saja. Tetapi dapat jadi pekerja akan tidak memahami ketika kamu tidak jelas dalam penentuannya. Kalau anda menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya jika kamu berkeinginan untuk membuat desain rumah minimalis modern maka pakailah desain yang sesuai dan harmoni dengan tipe rumah anda.

2. Banyaknya kamar tidur
Kamar tidur adalah hal penting  yang perlu dipikirkan. Sebab tempat privasi ini adalah pusat dari sebuah rumah. Sesuaikan banyaknya tempat yang kamu perlukan, selain untuk keluarga juga untuk saudara yang menginap misalnya. Seringkali kalau saudara diharuskan berkunjung dan menginap di tempat kamu. Memang tidak setiap hari, tetapi mempersiapkan tempat untuk kerabat ketika bermalam adalah hal yang penting.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu bisa berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, kalau yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu bisa memiliki lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Memiliki tempat tidur utama
Hunian yang mempunyai kamar tidur utama mempunyai nilai plus tersendiri. Seolah olah kamar itu akan menjadi kamar yang istimewa. Jadi kemungkinan kamu dapat meningkatkan nilai rumah kamu dengan adanya desain floor plan rumah minimalis yang memiliki kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Tak hanya tempat tidur utama, guna menambah nilai lebih yaitu ruangan istimewa. Seperti kamar untuk bersih bersih baju atau sekedar melepas penat. Ruangan ini harus dijaga betul kalau ingin membuatnya apakah memang kamu memerlukannya atau cuma untuk hal yang akhirnya tidak kamu sukai. Atau anda membangun tempat untuk menikmati hidup, tetapi rela menghilangkan kamar yang primer.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi adalah cerminan dari suatu rumah. Menurut adat jawa, kemewahan dan pribadi pemilik rumah digambarkan dari ruang tamu dan kamar mandinya. Maka ngga heran jika orang jawa membangun mbale yang sangat lapang. Sedangkan untuk tempat mandi sendiri anda bisa berinovasi dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Misalnya 2 ruang. Mempunyai 2 kamar mandi maka untuk ketika terdesak anda ngga kudu mengantre di kamar mandi terlalu lama. Penempatan yang strategis juga menjadi kuncinya misalnya di dekat kamar tidur.

7. Fungsionalitas
Situasional ketika merancang ruangan menyesuaikan dengan keperluan. Banyaknya lokasi tambahan dan ruangan yang harus ada juga menjadi dipertimbangkan. Adalah penting ketika anda menginginkan mempunyai ruangan adalah penempatan ruangan itu haruslah selaras agar menjadi sesuai manfaat ruangan itu dibuat. Contoh simpelnya contohnya penempatan meja makan dengan dapur. Jika meja makan diletakkan terlalu jauh dengan dapur tentu terkesan kurang chic. Begitu juga kalau kamar mandi hanya satu berdekatan dengan kamar tidur. Sudah dipastikan banyak warga lain yang ingin mandi di kamar mandi tersebut.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Kalaupun mirip, ternyata tema rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan tema rumah minimalis modern.

Ciri Ciri Rumah Minimalis Modern
1. Bentuk dan Kegunaan yang Mengusung Kesederhanaan
Rumah minimalis mempunyai plan tata ruang yang simple, easy to arrange, dan fungsional dengan keperluan kamu.
Tanda yang paling melekat untuk denah rumah yang membawa tema minimalis yaitu:

View yang dirancang sederhana mungkin
Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang terorganisir
Ruang penyimpanan minimalis tertata dengan pas
Mengutamakan pada view yang elegan
Pencahayaan yang tertata

Untuk merancang rumah minimalis, desain dibuat dari dalam kemudian bentuk luar mengikuti bagian dalam, kemudian barulah dirancang bentuk luarnya.

2. Tampilan Cladding dan Finishing Dinding yang sesuai fungsi
Cladding dapat menjadi cerminan ciri khas paling identik untuk konsep hunian yang bertemakan minimalis. Tampilan yang dibuat bisa menjadikan rumah terasa lebih asyik ketika dipandang.

Memberikan kesan natural dan pemilihan warna yang tepat membuat Cladding bisa menjadi pilihan saat mendesain rumah minimalis modern.

Banyak sekali bahan untuk pembuatan cladding. Yang jadi pertimbangan sudah pasti adalah rumah yang dibuat dengan patokan kecantikan bangunan itu sendiri.

Di salah satu belahan bumi cladding ini adalah 'siding’. Penggunaan kata siding ini terkenal untuk bagian Amerika Selatan, sedangkan kata cladding lebih populer di wilayah Eropa dan Australia. Untuk beberapa wilayah yang menyebutnya dengan sebutan lain lagi yaitu weatherboard.

3. Ruang yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Dipenuhi Cahaya
Berfokus pada tema cahaya alami yang dapat masuk ke ruangan. Cahaya matahari adalah sumber energi alam terbesar dan paling tepat untuk manusia. Ketika diorganisir dengan tepat akan banyak sekali nuansa cantik yang dapat kita kreasikan. Mulai dari harmoni warna indah pada dinding, ruang yang indah, hal kecil kecil yang tampak modern dan artistik dan mungkin anda bisa berkreasi dengan warna.

Sinar matahari yang menerangi bagian dalam akan menciptakan nuansa nyaman yang sangat cocok untuk kesehatan. Dapat menjadikan kita lebih segar saat melihat sinar matahari dibandingkan memandang cahaya smartphone bukan?



4. Memperhatikan detail Simpel tanpa menggunakan Dekorasi
Rumah minimalis modern mempertimbangkan detailing yang cantik dibandingkan bentuk furniturenya. Contohnya lemari kabinet tanpa gagang pintu, atau alat rumah tangga yang lain akan menciptakan nuansa yang lebih "langsam" dirasakan. Barulah ketika mencari tahu "ini apa?" barulah Ketemu jawabannya.
Baca :
Desain Rak TV Cocok di semua Bagian Rumah Anda
Misalnya lemari dengan tekstur kayu akan menciptakan kesan natural dan hangat. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga dapat memberikan kesan yang fresh.
Sedangkan tampilan luar, kita dapat memilih facade baca = fasad dengan pemandangan jendela yang minimalis ini menciptakan kesan eksterior rumah yang minimalis.

5. Memilih material sesuai dengan passion dan mencerminkan model rumah minimalis modern
Anda bisa berkreasi membuat kursi dari beton yang dibuat seperti papan kayu. Atau mengkombinasikan bahan yang kamu sukai untuk menggambarkannya. Buatlah ciri khas dari bangunan dengan material sederhana namun mempunyai tampilan yang rapi dan enak dilihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel