Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi

Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi
Pernakah Sobat mencicipi aroma tidak sedap yang memenuhi kamar mandi di rumah? Padahal, Sobat sudah membersihkan kamar mandi tersebut secara rutin. Bau yang muncul dari kamar mandi ini tentu akan terasa tidak enak, bukan? Apalagi kalau baunya sudah tercium dari luar area ruangan tersebut.

Bau yang tidak sedap ini kemungkinan berasal dari saluran pembuangan di kamar mandi. Kebocoran saluran air kotor dapat menyebabkan munculnya aroma tidak sedap ini. Selain itu, sistem ventilasi yang kurang baik dapat pula menjadi penyebab busuk di kamar mandi. Jalur ventilasi yang terhalang, letak pipa buangan ventilasi yang kurang tinggi dan kurang jauh dari bangunan, dapat menyebabkan udara balik sehingga menjadikan busuk tidak sedap.

Hal lain yang mampu menyebabkan busuk tak sedap ini ialah posisi lubang pembuangan toilet yang tidak tepat dengan lubang pembuangan di lantai. Keberadaan penghubung lubang pembuangan toilet dengan pipa pembuangan di lantai (seal connector) dapat pula menimbulkan busuk tak sedap di kamar mandi. Nah, untuk menghindari munculnya bebauan ini, maka pipa pembuangan air kotor harus rata dengan lantai.

Di samping itu, perhatikan juga peranti lubang air atau floor drain Sobat. Bila genangan air (water seal) di dalamnya menguap dan berkurang jawaban dari kamar mandi yang jarang digunakan, maka mampu jadi hal ini yang menjadi penyebab busuk tersebut. Hal lainnya yang juga mampu menyebabkan munculnya busuk ini ialah suhu dalam kamar mandi yang tinggi.

Bau tidak sedap pada kamar mandi ini jangan dibiarkan terlalu lama. Sobat tentunya tidak ingin busuk busuk ini menyiksa hidung secara terus-menerus dan pernapasan anggota keluarga yang lainnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan busuk di kamar mandi.

MEMPERBAIKI SISTEM VENTILASI

Bila problem yang Sobat hadapi bersumber dari sistem ventilasi atau sirkulasi udara, maka Sobat mesti mengawali dengan memperbaikinya. Pastikan supaya hawa septic tank tidak terbawa oleh angin dan masuk lagi ke dalam rumah. Selain itu, buat pula pipa buangan ventilasi septic tank dengan jarak yang jauh dari bangunan, minimal ialah sejauh 1,5 meter.

MEMASANG BAK KONTROL

Bak kontrol ialah kolam berlubang yang menampung air kotor dari saluran kamar mandi, kemudian meneruskannya ke saluran umum. Kegunaaan dari kolam kontrol ini ialah untuk memudahkan perawatan dan pembersihan saluran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang kolam kontrol ini biar tidak menjadi sumber bau. Apa sajakah itu? Berikut ini ialah beberapa di antaranya.
  • Tutup kolam kontrol mesti kedap udara dan rapat supaya tidak mengeluarkan bau.
  • Bilas dan siram dasar kolam dengan cara membalikkan dasar pipa saluran air. Karena bila tidak, maka kotoran dapat terjebak di dalamnya.
  • Gunakan Clean Out (salah satu perangkat yang berfungsi untuk menekan kotoran kalau terjadi pemampatan) di saluran pembuangan Sobat. Perangkat ini dapat dibeli di toko-toko tambahan sanitasi atau toko bangunan.


MEMBONGKAR DAN MEMERIKSA

Salah satu hal yang mesti Sobat lakukan dengan segera ialah membongkar kamar mandi, khususnya pada perangkat sanitari, menyerupai lubang pembuangan air dan toilet (kloset). Cobalah untuk memeriksa beberapa hal menyerupai di bawah ini.
  • Rough in (jarak lubang buangan ke dinding). Pastikan supaya jaraknya sesuai dengan standardisasi toilet, yaitu 30 cm.
  • Seal connector. Bila belum ada, maka sebaiknya Sobat mulai memasangnya semenjak awal. Tetapi, kalau telah ada, maka pastikan biar seal connector ini terpasang dengan benar dan sempurna.
  • Floor drain atau lubang air. Pastikan supaya water seal atau genangan air ada di dalamnya.
  • Pipa pembuangan air. Upayakan biar posisinya rata dengan lantai kamar mandi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel