Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional


Pengecatan adalah cara termudah untuk memperoleh view cantik tanpa perlu merogoh cost selangit. Ruangan akan terkesan suram dan tidak terlihat indah jika tembok tidak diberi cat atau hiasan yang mempercantik. Selain alasan estetika ruangan, kehadiran cat tembok, terutama cat tahan air, menambah kekuatan untuk menghindari kelapukan atau kebocoran di dinding. Maka dari itu, tembok di dalam suatu ruangan wajib diberi cat. Warna yang dipakai pun wajib menyesuaikan gaya interior kamar. Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Selain menghasilkan polesan warna polos pada dinding, ternyata banyak teknik mengecat tembok lain yang dapat anda terapkan agar mendapatkan hasil yang menarik. Teknik mengecat dinding ini bisa dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa teknik pengecatan dinding yang unik yang bisa teman terapkan. Dijamin, hasilnya bakal bikin kamu terkagum kagum!


Gunakan roller cat tembok yang sudah ada motif


Ruangan dengan warna cat rumah polos bisa sobat hiasi menjadi bermotif, lho. Cara mengecat tembok ini adalah dengan memakai roller cat yang sudah ada motifnya. Pilih area tembok yang ingin sobat cat. Pastikan bahwa lantai dan peralatan sekitar tembok telah anda tutupi dengan kain atau koran.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Harus diperhatikan, cara mengecat tembok seperti ini tidak sama dengan cara pada umumnya. Kalau kamu seringnya melakukan pengecatan dinding dengan arah yang asal-asalan dari awal sampai selesai, sobat wajib mengecat dengan arah yang searah dari awal sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan mengecatnya secara simetris. Kalau kamu memulai teknik mengecat dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan cara itu hingga akhir. Hal ini dipilih agar corak di tembok tidak berantakan.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain memakai motif cantik, anda dapat menciptakan tembok yang memiliki motif tanpa perlu mengecatnya ulang. Untuk mengerjakan trik mengecat dinding ini, sobat cuma memerlukan sapu jerami. Mulailah cara pengecatan dinding dengan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang anda pilih hingga beberapa lapis. Saat lapis terakhir, tunggu sejenak dan jangan terlalu lama supaya cat masih basah.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Sentuhan akhir, gunakan ujung sapu jerami dan pegang sampai menjadi pipih. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang bercat basah. Tarik jerami dari atas ke bawah sampai membentuk garis lurus.
Ulangi trik mengecat tembok itu hingga akhir. Garis yang terbentuk nggak perlu lurus. Trik pengecatan tembok memakai sapu jerami ini akan menghasilkan dinding yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kawan bisa berkreasi dengan batu bata ekspos pada tembok tanpa wajib merusak tembok dan membangunnya ulang. Perangkat yang dibutuhkan untuk mengecat tembok ini adalah spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan dicat.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Gunakan warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Celupkan salah satu sisi spons ke cat dan tempelkan di tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan teknik pengecatan tembok ini, orang yang baru pertama kali melihat ke dinding ruangan akan menyangka bahwa dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Motif bintang memakai kertas


Cara pengecatan dinding satu ini bisa dianggap paling murah. Tak cuma menggunakan cat, sobat cuma memerlukan kertas dan kuas mini. Mulailah cara pengecatan dinding ini dengan membuat corak bintang yang anda pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan berbentuk bintang sebagai contoh.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Lekatkan kertas cetakan menggunakan perekat yang bisa dipindah pada dinding. Warnai dinding pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Trik supaya teknik mengecat tembok ini menghasilkan motif yang tidak bosan dilihat, bikin motif bintang tersebut dengan jarak yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Berbagai cara mengecat tembok memang banyak caranya. Salah satunya dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip dapat membantu anda memperoleh motif mozaik yang menyedot perhatian di tembok. Untuk mengawali trik pengecatan tembok ini, siapkan selotip dan macam macam cat dinding berwarna senada. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang sobat inginkan. Lalu, cat bagian-bagian dinding yang telah dibuat oleh selotip.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Tunggu cat sampai mengering. Seusai itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Sobat pasti terpana memandang tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu bisa menciptakan tema melakukan trik pengecatan dinding ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang kamu ingin. Jangan sampai sobat mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan ruangan dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan membutuhkan:
Seluruh perlengkapan yang Teman butuhkan untuk pengecatan tembok berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Lakukan pengukuran


Gunakan titik di mana Kamu pengin dinding dua warna Kamu ketemu
Awalnya, Kawan harus menentukan pada titik pertemuan yang Sobat maksud untuk dua warna yang Sobat pilih di dinding Kawan. Dengan meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang selaras di seluruh dinding.


Langkah 2: Dasari warna yang lebih muda


Aplikasikan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih muda di setengah tembok yang Anda mau, dan cat agak lebih ke arah titik kumpul yang Teman inginkan. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai dengan kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Kamu akan dipisah dengan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang sudah Kamu tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Langkah 4: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat sudah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Aplikasikan warna yang lebih tua


Gunakan rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Kamu mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampilkan hasil akhir dinding dua warna Kamu
Saat cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Kamu.

Nah itulah Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional. Semoga bisa menginspirasi anda untuk pengecatan hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel