16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat berlibur selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi cara paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar kamu sudah memakai alarm system (kalau tidak, lakukan segera), atau mungkin kamu memiliki hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan kuat. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Tentukan pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang kamu lemah, teman harus menggantinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Trik untuk teman tahu bahwa pintu kamu tidak kuat? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Rombak semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu kudu tak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dengan gampang.

Jika teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melewati pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau anda ngga memakainya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi berlibur – walau kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt plus dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan kuat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut kudu diperkuat
 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra ketika anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak bisa dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah di atas.

Memperkokoh Akses Masuk Anda

Terapkan pengaman silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri terkadang bisa menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak bisa dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, tetapi jika punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang dengan baut pendek.
 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tak terlindungi. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Jika milik kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak bisa dilepas (anda dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga perlu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perhatian kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci anda sendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, taruh di kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah kalau kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kamu sudah mencoba untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 16 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel