Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt Perampokan selalu jadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk membuat rumah teman tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman telah memakai alarm system (jika tak, bergegaslah), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Poling menunjukkan bahwa banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu harusnya terkunci dan keras. Berikut ini adalah salah satu tips yang bisa dilakukanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Tentukan pintu yang pas. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, teman perlu menggantinya secepatnya. Seperti apa Caranya anda tahu kalau pintu kamu rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Inti kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian intinya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berkaca, dan teman ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah korban melewati pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna jika kamu ngga memakainya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi hangout – bahkan jika teman hanya pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan kuat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu dirombak
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara instan saat anda tak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak bisa terbuka. Langkah apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Akses Masuk Anda

Pasang pengaman silinder di samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi jika punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Perkuat srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Lindungi engsel yang tak terlindungi. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Anda dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak bisa dicopot (anda bisa mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga wajib diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang jelas, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi perlakukan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan setiap waktu, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci anda sendiri. Jika anda kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di kotak kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah anda seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih bisa jadi korban pada suatu ketika, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel