8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk membuat rumah kamu tetap terlindungi? Kemungkinan besar anda sudah memakai alarm system (kalau ngga, anda dapat mempertimbangkannya lagi), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Kamu Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang teman mudah dibobol, kamu kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya teman ngerti bahwa pintu anda wajib diganti? Cukup mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar perlu kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu perlu tidak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban melewati pintu yang tidak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika kamu tidak menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – walau anda hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan benar. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu direnovasi
 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika teman ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak bisa dirusak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara instan saat kamu tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga bergeser. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Cara apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah sebelumnya.

Memperketat Pintu Masuk Kamu

Gunakan pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga gampang dicopot. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang telah renta. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Amankan engsel yang tak aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Kalau milik kamu ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (anda bisa mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras bisa dengan mudah menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibobol, jadi pakailah langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah teman seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah teman. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci kamu tersendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka perlu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu ketika, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang kalau teman tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kamu sudah berusaha untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 8 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel