Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Pencurian ketika libur panjang selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Namun cara paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah kamu tetap safe? Paling mudah anda sudah memasang alarm system (jika ngga, segera lakukan), dan mungkin kamu mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Buatlah pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak kokoh, teman kudu menggantinya secepatnya. Seperti apa Caranya kamu tahu bahwa pintu anda tidak kuat? Cukup diketuk saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar perlu kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi didukung bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata keras). Jika ngga, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu perlu tidak berkaca, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian ketika liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban menggunakan pintu yang tak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau kamu tidak menggunakannya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi hangout – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terpasang dengan benar. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu diganti
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara instan ketika kamu ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu agar tak bisa dibuka paksa. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Akses Masuk Anda

Pakai pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Ganti srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu memiliki pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Amankan engsel yang tidak aman. Engsel wajib ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik kamu tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga bisa dicopot (anda dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga perlu diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu keras dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah teman seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya perlu perhatian setiap waktu, dan pintu yang tak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci anda tersendiri. Kalau teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu ngga bisa menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel