7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah anda tetap safe? Kemungkinan besar kamu telah menggunakan alarm system (jika tak, kamu bisa mempertimbangkannya lagi), dan mungkin teman mempunyai anjing penjaga menjaga rumah teman juga. Survei membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan kuat. Berikut ini merupakan salah satu tips yang bisa digunakanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Buatlah pintu yang kuat. Kalau pintu depan dan belakang teman lemah, anda perlu memperkuat secepatnya. Bagaimana Trik untuk anda tahu kalau pintu kamu rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata keras). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk meredam pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berkaca, dan anda tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban memakai pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu anda pergi hangout – bahkan jika anda cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan kokoh. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu diganti
 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara instan ketika teman tak berada di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya agar tak pindah posisi. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Jalan Masuk Kamu

Gunakan pengaman silinder yang ada pada samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringkali dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya kamu belum ada, kamu dapat membelinya.
 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Ganti srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Lindungi engsel yang tidak terlindungi. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Kalau milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak bisa dilepas (anda dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan mudah menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi perlakukan cara yang mirip pada pintu diantara garasi kamu dan rumah kamu seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perhatian setiap waktu, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah kamu. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci kamu tersendiri. Jika anda wajib meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, tetapi mereka harus mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling kuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Namun, paling tidak kamu telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 7 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel