Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok Pencurian ketika libur panjang selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan untuk pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk membuat rumah sobat tetap terjaga? Paling simpel kamu telah memasang alarm system (kalau ngga, bergegaslah), dan mungkin kamu memiliki hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah salah satu tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Ambil pintu yang aman. Jika pintu depan dan belakang teman tidak keras, kamu kudu merenovasinya kalau ditinggal long weekend. Bagaimana Trik untuk anda tahu bahwa pintu anda lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kokoh). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu wajib tidak berjendela, dan anda ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat bisa masuk melalui jendela dan membongkar pintu dengan gampang.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah korban melewati pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau teman tak menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terpasang dengan kokoh. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut wajib diperkuat
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra saat anda berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak bisa dihajar tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara instan ketika anda tak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Kamu

Pasang pengaman dari silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, namun kalau punya teman belum ada, kamu dapat membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Rubah srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Amankan engsel yang ngga aman. Engsel harus ada di bagian dalam pintu. Kalau punya anda ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda dapat melakukannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga bisa dicopot (kamu bisa mendapatkannya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga wajib diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman kuat dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci teman sendiri. Kalau kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel