Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Pencurian ketika berlibur selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun cara paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap terjaga? Kemungkinan besar teman sudah memasang alarm system (jika ngga, lakukan segera), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pilih pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang anda mudah dibobol, kamu kudu menggantinya kalau ditinggal libur panjang. Seperti apa Caranya kamu tahu kalau pintu kamu perlu direnovasi? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi didukung bagian dalamnya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (beton bata kuat). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menahan pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu wajib ngga berkaca, dan teman tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan gampang.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target menggunakan pintu yang ngga terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi tidak berguna kalau anda ngga menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – walau teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu harus direnovasi
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan membantumu secara instan ketika anda tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah sebelumnya.

Memperkuat Jalan Masuk Anda

Gunakan pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang dengan baut pendek.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Amankan engsel yang tak aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Kalau milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dicopot (kamu dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mencapai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan setiap saat, dan pintu yang tidak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah anda. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu tersendiri. Kalau anda kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, tetapi mereka kudu mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tak bisa melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga bermanfaat. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel