11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Namun trik terbaik mana untuk menjadikan rumah teman tetap terjaga? Kemungkinan besar anda sudah menggunakan alarm system (kalau tak, segera lakukan), atau mungkin teman memiliki anjing penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Buatlah pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak aman, kamu kudu memperkuat saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk kamu ngerti bahwa pintu kamu tidak keras? Cukup diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata keras). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu wajib ngga berjendela, dan anda tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri dapat merusak jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target menggunakan pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau kamu tak memakainya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun teman pergi berlibur – bahkan jika kamu hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu dirombak
 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan ketika anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak bisa dibuka tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika anda tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) di bagian bawah pintu agar tidak bisa dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Jalan Masuk Anda

Gunakan pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (sisi tempat kamu memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya kamu belum ada, kamu dapat membelinya.
 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Perkuat srike plate yang telah renta. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga harus diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan mempunyai kualitas tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan setiap saat, dan pintu yang tidak dijaga dengan baik akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah anda. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Letakkan kunci anda sendiri. Kalau anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, tetapi mereka wajib memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan teman ngga bisa menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah kalau teman tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu sudah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 11 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel