20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan bagi pemudik. Namun trik terbaik mana untuk membuat rumah sobat tetap aman? Kemungkinan besar kamu sudah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), dan mungkin teman mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan keras. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang kuat. Kalau pintu depan dan belakang teman gampang dibobol, teman wajib memperkuat ketika mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya anda tahu kalau pintu anda tidak kuat? Bisa dengan diketuk saja. Pintu tidak aman hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata keras). Jika tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Perbaiki semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu wajib tak berjendela, dan kamu tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian ketika liburan, pencuri membobol rumah target melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau anda tak memakainya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi keluar – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt didukung memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan benar. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus direnovasi
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak bisa dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara instan ketika anda ngga di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak bergeser. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah di atas.

Memperkuat Pintu Masuk Anda

Pakai pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci kamu) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga bisa dicopot. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang telah renta. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang menggunakan baut pendek.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (teman bisa mendapatkannya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan mempunyai mutu tinggi, terpasang kunci yang keras, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi gunakan cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman seperti pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya butuh perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah anda. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci kamu tersendiri. Kalau teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan teman tidak dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu telah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 20 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel