Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling Pencurian saat liburan selalu jadi suatu yang menakutkan bagi pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk menjadikan rumah kamu tetap aman? Paling mudah teman telah menggunakan alarm system (jika ngga, lakukan segera), atau mungkin teman mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah teman juga. Poling menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Ambil pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, kamu wajib memperkuat secepatnya. Bagaimana Caranya kamu tahu bahwa pintu teman perlu diganti? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata keras). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tidak berjendela, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban menggunakan pintu yang tidak terkunci. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau anda ngga menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt didukung memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tak memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan tepat. Kebanyakan rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu perlu diganti
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini ngga dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara instan ketika teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terbaik memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tak bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu agar tak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan di atas.

Memperkuat Jalan Masuk Kamu

Pasang pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga bisa dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, tetapi jika punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Perkuat engsel yang tidak aman. Engsel wajib berada pada bagian dalam pintu. Kalau punya anda ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak bisa dicopot (kamu bisa mendapatkannya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga harus diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi gunakan langkah yang sama pada pintu diantara garasi teman dan rumah teman seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Kalau kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib memiliki jalur lain seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tidak bisa bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita sudah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling, semoga bermanfaat. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel