Mengintip Proyek Landmark Baru Kota Fuzhou

Mengintip Proyek Landmark Baru Kota FuzhouFoto: Novi Christiastuti
Fuzhou - Perusahaan konstruksi asal Fuzhou, China, CSCEC Strait sedang membangun proyek gedung Strait Art and Cultural Center. Gedung ini nantinya akan menjadi landmark gres Kota Fuzhou. Desain gedung yang mengadopsi bentuk kelopak bunga melati ini akan menjadi ciri khas utama gedung.

CSCEC Strait atau China Strait Construction and Development Co., Ltd merupakan anak perusahaan milik BUMN China Construction, yang dikenal sebagai perusahaan konstruksi terbesar di China dan dunia. Proyek ini merupakan kerja sama antara pemerintah dan swasta, yaitu antara CSCEC Strait dengan Mawei Metro Construction and Development Co., Ltd.



Landmark gres yang terletak di distrik Cangshan, Fuzhou ini terdiri atas lima gedung yang memiliki fungsi berbeda namun saling terhubung. Kelima fungsi itu antara lain untuk teater multifungsi, opera house, gedung konser, film, dan galeri untuk exhibition.

"Bangunan ini merupakan lambang dari kota Fuzhou. Lambang dari kelopak bunga melati," terperinci manajer proyek Strait Art and Cultural Center, Chen Siyuan, kepada rombongan wartawan Indonesia, termasuk detikFinance di lokasi proyek, Fuzhou, China, Kamis (13/5/2016).



Kunjungan ini atas ajakan CSCEC Strait untuk mengenalkan perusahaan ini dan proyek-proyek mereka kepada Indonesia. CSCEC Strait sendiri telah mengutarakan niat untuk menyebarkan proyek, terutama infrastruktur, di wilayah Indonesia.

Nilai total proyek Strait Art and Cultural Center ini mencapai US$ 525 juta dan nantinya mencakup total luas area bangunan sekitar 158 ribu meter persegi. Kompleks gedung ini terletak persis di tepi Sungai Min, yang merupakan sungai terbesar yang membelah Provinsi Fujian.

Ketika dikunjungi, proses pembangunan tiga gedung nyaris selesai, terutama bab atap. Sedangkan dua gedung lainnya masih dalam proses pengerjaan. Meskipun terletak dalam satu kompleks, lokasi proyek setiap gedung dipisahkan oleh pagar yang kokoh dengan saluran jalan yang lebar dan bersih.



Sekeliling lokasi proyek dilengkapi dengan mesin PM 2,5 yang setiap jam menyemprotkan air ke udara untuk membersihkan bubuk di sekitar area. Standar keamanan dan keselamatan kerja juga terjaga dengan baik.

Nantinya, kompleks Art and Cultural Center ini akan dikeliling oleh green building di sekitarnya. Area rekreasi di tepi sungai juga tersedia di kompleks ini. Jika dilihat dari atas, perpaduan gedung dan green building itu akan ibarat kumpulan kelopak bunga melati yang membentuk satu tangkai. Proyek ini mulai dibangun Oktober 2015 lalu dan diperkirakan simpulan dalam waktu 3 tahun, atau pada tahun 2018 mendatang.



Selain Strait Art and Cultural Center, CSCEC Strait juga telah membangun Strait Olympic Sport Stadium yang terletak di distrik Cangshan, kota Fuzhou. Olympic Sport Stadium merupakan kompleks olahraga yang telah digunakan dalam penyelenggaraan Youth Olympic Games di Fuzhou tahun 2015 lalu.

Taman Olimpiade terbesar di Fuzhou ini mulai dibangun Juni 2012 lalu dan simpulan pada Agustus 2014. Kompleks ini terdiri atas lapangan sepakbola, gedung olah raga, bak renang, lapangan tenis, serta sarana pendukung lainnya mirip gedung perkantoran dan gedung khusus untuk kawasan tinggal atlet.

Olympic Sports Stadium dibangun biaya US$ 547 juta di atas lahan seluas 445 hektare. Luas total bangunan yang mengadopsi bentuk kerang ini mencapai 360 ribu meter persegi.

Kompleks utama gedung ini terdiri atas empat gedung, yaitu satu stadion sepakbola dengan kapasitas 120 ribu penonton, kemudian satu gedung olahraga indoor dengan kapasitas 10.000 penonton, dan dua gedung lain berisi bak renang serta lapangan tenis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel