4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Pencurian saat berlibur selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi trik paling mudah seperti apa untuk membuat rumah teman tetap terlindungi? Paling simpel kamu sudah memasang alarm system (jika ngga, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu tersebut tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah salah satu tips yang dapat digunakanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Tepat?
 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Tentukan pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak aman, anda kudu menggantinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Trik untuk kamu tahu bahwa pintu teman tidak keras? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi ditopang bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata kuat). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menyerap pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu kudu ngga berjendela, dan teman tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membuka pintu dari dalam.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri memasuki rumah korban melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika teman ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu anda pergi hangout – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt harus memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan benar. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu harus diganti
 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra saat teman ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan saat kamu ngga di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga bergeser. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu agar ngga bisa terbuka. Trik apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah sebelumnya.

Memperkuat Pintu Masuk Kamu

Terapkan pengaman dari silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau silinder pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel perlu ada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga perlu diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah kamu. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci anda sendiri. Kalau anda harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah teman layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tidak dapat menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu telah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 4 Tips Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel