Cara Mengatasi Dak Beton Retak

Cara Mengatasi Dak Beton RetakSalah satu sumber kebocoran di rumah yaitu dak beton yang retak. Retaknya dak beton ini mampu disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini yaitu beberapa penyebab mengapa dak beton dapat bocor.

  • Suhu panas-dingin yang ekstrem menerpa pelat beton sehingga memicu munculnya retak susut.
  • Tidak disertainya perawatan atau penggenangan air selama 7 hari sesudah beton dicor memakai curing compound yaitu material khusus untuk pelindung beton. Pengairan ini bertujuan supaya lapisan atas dak beton tidak mengering lebih cepat dibandingkan dengan lapisan dalam. Sinar matahari yang pribadi mengenai lapisan atas dak membuat lapisan ini lebih mudah kering dibanding lapisan dalam beton.
  • Diletakkannya beban yang melebihi kapasitas atau daya dukung pelat beton dikala belum kering secara sempurna.
  • Adanya pergerakan pada struktur bangunan atau fondasi yang membuat pelat beton mengalami gaya horizontal dan vertikal.
  • Kurang sempurnanya komposisi cor beton, menyerupai pasir atau watu split yang terlalu banyak.


PENCEGAHAN

Untuk mencegah duduk perkara yang terjadi pada dak beton ini yaitu dengan memeriksa apakah dak beton tersebut bocor atau tidak. Caranya yaitu dengan menutup pipa akses pembuangan di atap. Sesudah itu, tuangkan air di atas atap beton. Diamkan selama sekira 1 jam. Nah, jikalau ada rembesan pada episode bawah atap, maka ini artinya dak beton mengalami masalah. Segera perbaiki duduk perkara tersebut dengan menambahkan waterproofing tipe semen.

SOLUSI DARURAT

Solusi darurat yang mampu dilakukan jikalau kebocoran terjadi pada dak beton yaitu menutup area atap menggunakan terpal.

SOLUSI IDEAL

Waktu pengerjaan yang ideal untuk melaksanakan solusi ideal ini yaitu sesudah dak beton kering. Di samping itu, dak beton harus dalam kondisi yang kering dan tidak terkena air selama 1x24 jam setelah dak diperbaiki.

Untuk mengatasi duduk perkara pada dak beton yang mempunyai retakan cukup besar yaitu mengisi retakan tersebut menggunakan semen setelah diberi cairan additive bonding agent sebelumnya.

Sedangkan jikalau retakan terbilang kecil, maka episode yang retak tersebut dibobok (diketrek) supaya retakan menjadi lebih besar. Tujuannya yaitu biar penambalan dapat dilakukan dengan lebih baik. Pakailah adukan semen dengan daya rekat yang tinggi. Jangan lupa untuk mengoleskan cairan additive bonding agent sebelum menambal dengan semen.

Aplikasikan waterproofing dengan serat fiber pada bekas retakan yang besar tersebut. Hal ini bertujuan untuk menutup lubang-lubang yang lebih kecil sehingga tertutup dengan sempurna. Bahan yang diharapkan untuk melaksanakan pekerjaan ini yaitu 2 komponen, contohnya am100 dan am122 (produk am), atau SikaTop 107 Seal (produk Sika).

Waterproofing diaplikasikan pada seluruh permukaan dak beton secara merata. Hal ini bertujuan supaya proses pelapisan menutup dengan sempurna. Artinya tidak cuma melapisi episode yang diperbaiki saja, melainkan seluruh episode dak beton.

Setelah itu, aplikasikan cat tembok di atas lapisan waterproofing bila sudah kering. Tujuan dari hal ini yaitu supaya tidak lengket permukaan dak beton dikala diinjak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel