5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pengecatan yaitu trik tergampang untuk memperoleh view menarik tanpa perlu mengeluarkan cost mehong. Ruangan akan terlihat suram dan kurang nyaman dimata bila tembok tidak diberi cat atau hiasan apa pun. Bukan cuma alasan estetika ruangan, kehadiran cat tembok, apalagi cat tahan air, membantu untuk mencegah rusak atau jamur pada dinding. Oleh karena itu, tembok di dalam suatu ruangan kudu dilapisi cat. Warna yang dipilih pun perlu menyesuaikan gaya interior kamar. 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Selain menggoreskan polesan warna monoton di dinding, ada teknik mewarnai dinding lain yang dapat anda lakukan untuk hasil yang cantik. Cara mengecat tembok ini dapat dilakukan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara pengecatan dinding anti-mainstream yang dapat anda lakukan. Pokoknya, hasilnya akan amazing!


Pakai roller cat tembok bermotif


Dinding dengan warna cat rumah monoton bisa sobat rombak menjadi cantik, lho. Cara pengecatan tembok ini adalah dengan memakai roller cat bercorak. Tentukan tempat tembok yang ingin sobat cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan peralatan sekitar tembok telah sobat tutupi dengan kain atau koran.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Penting diperhatikan, cara pengecatan dinding seperti ini tidak sama dari trik biasanya. Kalau kamu biasa melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal sampai selesai, kamu perlu mengecat dengan arah yang sama dari permulaan hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan pengecatan secara simetris. Jika sobat mengawali cara pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan trik itu sampai selesai. Alasannya adalah supaya motif di dinding menjadi menarik.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak cuma bercorak indah nan lucu, sobat dapat membuat tembok yang memiliki corak tanpa kudu mengecatnya lagi. Untuk mengerjakan teknik pengecatan tembok ini, sobat cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah cara pengecatan tembok menggunakan cat polos sebagai dasar memakai warna yang teman pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, tunggu sejenak dan jangan terlalu lama supaya cat tidak kering.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Dilanjutkan, gunakan bagian bawah sapu jerami dan tekan dengan kedua tanganmu sampai pipih. Tekan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang masih agak basah. Seret jerami dari atas ke bawah sampai timbul bekas garis lurus.
Lakukan cara mengecat tembok tersebut hingga selesai. Garis yang terbentuk nggak harus lurus. Trik mengecat tembok menggunakan sapu jerami ini akan mengesankan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kamu bisa berkreasi dengan batu bata ekspos pada dinding tanpa harus merusak tembok dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dipakai untuk mengecat tembok ini yaitu spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas dinding yang akan diberi motif.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan ke tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan teknik pengecatan dinding ini, orang yang berkunjung ke dinding ruangan akan mengira bahwa dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Cara pengecatan dinding satu ini terbilang paling murah meriah. Tak hanya menggunakan cat, anda cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Diawali dengan trik pengecatan dinding ini dengan menggambar motif bintang yang kamu pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan berbentuk bintang sebagai contoh.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tempel kertas cetakan tadi menggunakan perekat yang bisa dipindah di tembok. Pengecatan dinding pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Trik supaya teknik pengecatan dinding ini menghasilkan motif yang memiliki nilai estetik, kira kirakan motif bintang tersebut dengan jarak yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai cara pengecatan dinding memang beragam. Diantaranya dengan memanfaatkan selotip. Pemakaian selotip bisa membantu sobat mendapatkan corak mozaik yang menyedot perhatian di dinding. Untuk mengawali cara mengecat dinding ini, siapkan selotip dan beberapa cat dinding memiliki warna senada. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu inginkan. Kemudian, aplikasikan bagian-bagian tembok yang telah dibuat dengan selotip.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat hingga kering. Setelah itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Teman bisa menciptakan ide mengerjakan teknik mengecat tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang lain. Hati hati Jangan sampai kamu mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan memerlukan:
Semua kesiapan yang Teman perlukan untuk mengecat tembok berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik pada posisi Kawan pengin dinding dua warna Kamu bertemu
Pertama, Kamu perlu menentukan pada titik bertemu yang Kamu inginkan untuk dua warna yang Teman tentukan di dinding Kamu. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Kedua: Aplikasikan warna yang lebih terang


Gunakan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Gunakan rol cat Kawan, cat warna yang lebih hidup di setengah dinding yang Kamu inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik kumpul yang Kamu inginkan. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Sobat akan dipisah dengan kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, hubungkan titik-titik yang telah Kamu tandai dengan pensil. Lekatkan dengan ujung tali menggunakan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Gunakan warna yang lebih tua


Pakai rol cat Kamu, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Teman mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampakkan hasil akhir dinding dua warna Kawan
Saat cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Teman.

Nah itulah 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga dapat memotivasi teman untuk pengecatan hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel